Kamis, 25 April 2013

                     Membagi file besar dengan Winrar        

  
      Ketika anda mau berbagi file atau share file di internet dengan teman ,adalah mudah dilakukan. Bagi mereka yang mempergunakan koneksi yang cepat tidaklah menjadi suatu masalah.
Nah,bagaimana jika kita mempergunakan koneksi yang agak rendah untuk share file,tentunya akan menjadi suatu masalah,walaupun file itu hanya beberapa Megabyte saja.
Kali ini saya mau memberikan tip ( bagi mereka yang belum tahu ) untuk membagi file yang ukurannya agak besar ,menjadi beberapa bagian untuk mempermudah anda meng-uploadnya ke internet seperti ke layanan hosting,4shared, Ziddu,MediaFire,serta layanan hosting lainnya.Pada saat membuat tutorial singkat ini saya mempergunakan winrar,dan software lain misalnya 7Zip atau yang lainnya juga bisa anda gunakan.

       Langkah-langkahnya :  

  1. Pilih file yang mau anda bagi,untuk lebih mudahnya ,buatkanlah folder baru disuatu tempat pada hardisk atau external hardisk lalu copy filenya dan ditempatkan disana.
  2. Setelah itu menuju ke file yang dimaksud,klik kanan dengan mouse, ikuti langkah dibawah ini.

                                                                    
                                                                                        
                                            Seperti gambar diatas klik "Add to archive", kemudian :


Lalu lihat pada "Split to volume" ,silahkan anda isi sesuai dengan keinginan,dengan berpatokan pada kecepatan koneksi anda,pada contoh saya kasih 8Mbyte (8MB).Setelah itu tekan enter, lalu klik "OK"


Nah,seperti gambar diatas winrar mulai melakukan tugasnya,untuk membagi file menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang lebih kecil, seperti pada gambar dibawah,


Sekarang anda memiliki beberapa file dengan ukuran yang lebih kecil, yang siap untuk di upload ke internet.
  •   Sebagai catatan, bahwa hasil dari file yang sudah di split atau dibagi ,jangan di-rename ( diganti namanya),jikalau diganti akibatnya pada saat digabungkan lagi kemungkinan besar akan terjadi error.
  • Ukuran file asli , dan ukuran file hasil extrak adalah sama.Anda bisa juga melakukan test arsip untuk mengetahui error tidaknya file hasil split .
  • Untuk mengetesnya silahkan file yang sudah di-split dibuatkan folder yang baru, lalu diextrak disana, seperti contoh dibawah,


      Diatas adalah contoh besar file -exe,setelah diextrak lagi,dari hasil split ,dibawah ini besar file asli yang akan anda split ( yang belum displit)




  • Harus dingat jika anda mendownload file-rar dari internet yang terdiri dari beberapa bagian atau part,extraklah salah satu saja,misaalnya part 1,untuk memperoleh file secara keseluruhan.
  • Semoga tutorial singkat ini dapat membantu , khususnya bagi anda yang mempunyai koneksi internet yang agak lambat.









0 komentar :

Posting Komentar